Follow Me @nilamodang

Monday 14 January 2013

#1 janjiku

gue: ma, apa sih arti nilam? kalo di kamus artinya intan atau berlian gitu
mama: ga tau kak. singkatan minggu malam hahaha
gue: loh itu kan mustinya milam ma -__-
mama: kalo milam aneh kak, kerenan nilam
gue: oke sip

hei, gue gadis yang dilahirin 20 tahun lalu. orang tua gue itu orang tua paling hebat yang pernah ada di jagad raya (semua anak bakal mikir kayak gini. ya, subjektif memang). mereka perhatian dengan cara mereka. mereka sayang dengan cara mereka . dan mereka adalah orang-orang terpenting buat gue selama gue hidup.


mama, seorang wanita berusia 48 tahun. dinikahi oleh seorang pria paling tampan baginya, ada untuknya, mengerti dirinya, dan segala-gala baginya. mama tipe orang pencemas, perfeksionis, sportif, dan pengkhayal.

papi, seorang pria hampir berusia 50 tahun. menikahi seorang wanita paling cantik baginya, pelengkap tulang rusuknya yang hilang, mengerti dia luar dalam, dan segala-gala baginya. papi tipe orang yang cuek, pendiam, dan marahnya sekali-sekali doang.

mama udah berkali-kali menciptakan skenario hidup gue. mulai dari pekerjaan, jodoh, dan anak-anak gue nanti. mama maunya gue jadi dosen biar gue punya waktu buat anak-anak nanti. mama maunya gue nemuin jodoh yang berlatar belakang baik, akademik oke, mapan, dan yang paling penting agamanya bagus. anak-anak gue bakal diurus mama kalo gue lagi kerja, mama pengen gue punya anak cowok gara-gara mama ga punya anak cowok. mama maunya gue nikah di gedung, ga di rumah. kalo di rumah bakalan repot, gitu kata mama.

papi orangnya anteng aja. gue lebih sering diem-dieman sama papi kalo di rumah. sesama anak sulung, ngomong langsung to the point. lebih keseringan ngalah juga, kayak gue. papi ga terlalu sering berimajinasi kayak mama. well, mungkin ga diucapin secara lisan. tapi gue yakin, pasti papi juga punya skenario buat gue.

flashback ke pagi itu.
minggu, 16 desember 2012. meja makan.
papi lagi nyeduh kopi yang baru aja dibikin mama. gue duduk di seberang kursi papi. cuma sekedar duduk, ga mau ngapa-ngapain. mungkin mau nemenin papi aja. rasanya udah lama banget ga ngobrol berdua. tiba-tiba...

papi: kak, skripsi kapan?
nilam: paling cepat semester 7 pi
papi: kapan tu?
nilam: september lah pi, tapi musti kkn dulu akhir semester 6
papi: mulailah cari-cari topik
nilam: iya pi..
papi: nanti jadi dosen aja ya, gajinya sekarang lumayan. waktu buat suami sama anak-anak juga terjamin
nilam: .... *merenung*
papi: enak loh jadi dosen
nilam: iya pi...

mama dan papi tersayang...
percayalah kakak udah janji sama diri sendiri buat ngebahagiain mama sama papi layaknya mama papi ngebahagiain kakak...
percayalah kakak udah janji sama diri sendiri buat bikin mama sama papi bangga punya anak kayak kakak..
percayalah kakak juga udah punya strategi dan target yang udah kakak bikin untuk setiap langkah kakak...

berdoalah ma, pi. kita semua harus berdoa diimbangi dengan usaha kakak untuk mencapai semua itu
semangatin kakak ma, pi disaat kakak bener-bener butuh itu
percaya ke kakak ma, pi. kakak bakal tanggung jawab dengan itu semua. kakak bakal jadi yang terbaik di keluarga ini. jadi pedoman buat adik yang udah mama papi kasih ke kakak juga..

kakak cuma bisa janji dan berusaha untuk itu semua...
ridhoi ma, pi untuk jalan yang udah kakak pilih...

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection