Follow Me @nilamodang

Sunday 4 December 2011

Konsentrasi Akuntansi

Ilmu Akuntansi adalah "sistem informasi yang menghasilkan laporan akuntansi kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stake holders) mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi serta kinerja suatu entitas ekonomi (perusahaan) guna mengambil keputusan".




Program Studi Akuntansi ini memiliki empat bidang konsentrasi, yaitu:
  1. Konsentrasi Akuntansi Keuangan.
    Akuntansi Keuangan adalah "proses pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan". Pasar Modal adalah "sarana perusahaan untuk memperoleh dana jangka panjang dengan menjual saham dan atau obligasi".


    Jadi Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal adalah "proses pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan bagi pihak eksternal (investor, kreditor, dan pemerintah) berupa kinerja dan kondisi keuangan perusahaan untuk menarik investor mengambil keputusan investasi dan kreditor memberi kredit guna pemenuhan kebutuhan dana perusahaan jangka panjang".
  2. Konsentrasi Akuntansi Manajerial.
    Akuntansi Manajemen adalah "menggunakan baik akuntansi keuangan maupun data yang diestimasi untuk membantu manajemen dalam menjalankan operasi perusahaan sehari-hari dan merencanakan masa depan operasi perusahaan, sehingga akuntan manajemen berfungsi untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang relevan dan tepat waktu bagi kebutuhan pengambilan keputusan manajemen".
    Akuntansi Manajemen merupakan penyusunan dan penyajian informasi keuangan internal sebagai dasar pengambilan keputusan manajerial perusahaan, keputusan manajerial terkait dengan operasi perusahaan sehari-hari. Laporan yang disajikan oleh Akuntan Manajemen hanya berguna dan bermanfaat bagi pengguna internal perusahaan saja dan tidak ditujukan bagi pengguna eksternal perusahaan.
  3. Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi
    Sistem Informasi Akuntansi adalah "informasi yang disediakan dan dievaluasi oleh akuntan manajerial dari proses transaksi yang disajikan dan dimanfaatkan oleh pengguna (manajer, pelanggan, pemegang saham, kreditor dan pemerintah) sebagai dasar pengambilan keputusan".
    Sistem Informasi Akuntansi adalah proses menyediakan dan menyajikan informasi dari proses transaksi perusahaan yang akan dievaluasi dan dianalisis oleh akuntan manajemen sebagai laporan kinerja dalam bentuk laporan keuangan yang akan dimanfaatkan oleh pengguna dan pihak-pihak yang berkepentingan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  4. Konsentrasi Sektor Publik dan Perpajakan
    Akuntansi Sektor Publik adalah "penyusunan dan penyajian laporan akuntansi dari penerimaan dan penggunaan dana oleh instansi publik (pemerintah) baik di tingkat daerah sampai pusat." Perpajakan adalah "aturan dan mekanisme pemunggutan pajak oleh pemerintah dari setiap obyek pajak berupa pendapatan, transaksi ekonomi, penambahan kekayaan subyek pajak (wajib pajak) sebagai warga negara Indonesia atau warga negara asing yang berdomisili di Indoensia baik perorangan maupun badan".
    Akuntansi Sektor Publik dan Perpajakan adalah "mempelajari dan menganalisis pengelolaan dana publik oleh instansi publik (pemerintah) yang berasal dari pungutan pajak sesuai dengan aturan dan mekanisme yang diatur oleh Undang-Undang Pajak".



2 comments:

  1. my pleasure :) salam kenal saya dari mahasiswa jurusan akuntansi dengan konsentrasi akuntansi manajemen :D

    ReplyDelete

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection