Follow Me @nilamodang

Saturday 21 September 2013

Syarat Sakral

gue mahasiswa tahun akhir dan emang punya target buat men-'DO'-kan diri secepatnya dari kampus. tanggal 2 September gue udah ngajuin proposal skripsi ke jurusan dan tanggal 4 gue udah tau pembimbing gue. perasaan menunggu selama 2 hari itu? kalo lagi kepikiran, wajah seorang dosen killer terbayang di benak gue dan langsung gue tepis sama 2 wajah dosen yang baik. kalo lagi ga kepikiran, gue masih bisa anteng. alhamdulillah, pembimbing gue baik banget!

bimbingan pertama (Rabu, 11 September 2013)
sebelum ke kampus gue prepare dulu tentang bahan proposal gue. jadi kalo ditanya-tanya, gue bisa jawab. nyampe di kampus? menunggu. iya, apalagi kalo bukan itu yang gue lakuin? nungguin dosen nya selesai ngajar. kata om gue, nilai kesabaran buat bimbingan itu musti A+. kita musti mau nunggu berjam-jam cuma demi 10-20 menit bimbingan.

take a deep breath. and i'm in.

gue: buk, mau kenalan dulu. saya nilam, ibuk ditunjuk pak eva buat jadi pembimbing skripsi nilam. ini proposal sama surat permohonannya buk (nyodorin map)
dosen: oh iya, nilam bp berapa? (sambil buka map)
gue: 010 buk..
dosen: loh kok cepet? 
gue: hehe iya buk..

setelah basa-basi, gue diwawancarai sama ibuknya tentang proposal gue. apa hubungan antara tiap variabel independen dengan variabel dependen. kenapa periode penelitiannya itu, kenapa objek penelitiannya itu. gue jelasin semua tanpa cela. ibuknya manggut-manggut dan gue disuruh cari data penelitian. DATA PENELITIAN, BRO!!!! gue ga nyangka bisa secepat dan semulus ini!!!

dosen: nilam mulailah cari data penelitiannya lagi, siapa tau nanti datanya ga sesuai sama judulnya. ini proposalnya ibuk bawa ya
gue: iya buk..

UDAH GITU AJA BIMBINGAN PERTAMA GUE!!!
keluar dari kelas, gue ga berenti senyum. lega. dan hal buruk yang sempat terlintas, ga kejadian. alhamdulillah buat itu..

bimbingan kedua (20 Septembar 2013)
awalnya gue mau bimbingan tanggal 18, tapi belum data nya belum selesai. terus mau bimbingan tanggal 19, pas gue mau ke kelas ibuknya, kelasnya udah bubar. batal.
kebetulan banget, ibuknya jadi dosen penguji seminar skripsi yang gue tonton tanggal 20 itu. selesai seminar, gue langsung ketemu ibuknya buat ngeliatin data penelitian gue. trus gue jelasin kalo data 2 periode di variabel dependen belum dapat. trus ibuknya suruh lanjutin nyari dan bantu gue bikin contoh sample. hari senin gue disuruh menghadap lagi dengan data lengkap.

Allah, makasih banget buat pembimbing baik ini :")

sejauh ini, skripsi thing ini masih sweet banget. mungkin kalo proposal udah di ACC dan data udah mulai diolah, mungkit baru berasa lah gimana sakralnya skripsi kata orang-orang. atau semua bergantung ke pembimbing juga kali ya? :")

lalu hal terberatnya skripsi apa lam?
1. gue kurang tidur banget sejak data penelitian gue kumpulin
2. gue musti bisa bagi prioritas antara tugas dan skripsi
3. kehilangan waktu main
4. kehilangan quality time sama pacar dan make prinsip 'bebas-aktif' ala gue
5. ngerasain sahabat yang mulai jauh

dan buat syarat sakral ini, gue selalu percaya buat opportunity cost nya. yang pasti gue kehilangan point 1 2 3. point 4 dan 5? gue selalu berharap ga. tapi, kalo emang musti di opportunity cost-in juga, gue pasrah buat semuanya...

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection