Follow Me @nilamodang

Wednesday 4 April 2012

time flies..


makin tua umur bumi, sifat manusia sadar-ga sadar bakal berubah jadi makhluk individual. emang manusia itu makhluk sosial, tapi lama-kelamaan fungsi sosial itu bergeser dan mengakibatkan setiap manusia jadi lebih cuek dengan lingkungan sekitar (menurut saya, setelah keseringan mengamati)

ga usah jauh-jauh, keluarga sendiri aja coba diliat. makin tua umur kita, makin sibuk pula orang tua. ini pengalaman pribadi dan kadang gue agak kesel dengan situasi yang kayak gini.
  • waktu masih umur 3 tahunan, waktu gue belom punya adek, gue deket banget sama papi. walaupun papi ada tugas keluar kota, pasti aja suasana itu hangat. mau papi pulang tengah malam, gue pasti kebangun buat nyambut papi di depan pintu. dan papi ngasih oleh-oleh. entah itu baju, boneka, dan yang paling gue inget liontin warna ungu yang dikasih papi waktu gue SMP. papi bakal meluk gue, nyiumin gue, dan bilang 'sayang papi tu mah nak oi, taragak papi tu mah nak oi' emang papi ga sesering dulu keluar kota nya, tapi entah kenapa sekarang ga sehangat dulu walaupun ga ada masalah.
  • belakangan mama jadi sering keluar kota padahal dulu bisa dibilang mama ga gitu. dan belakangan gue juga makin deket banget sama mama. cerita tentang temen-temen, kuliah, atau apalah. pernah sekali mama keluar kota disaat gue terpuruk banget. lagi ada masalah sama orang, musti presentasi di kampus, berantem sama adek, dan musti ngurusin keperluan papi ngantor selama mama pergi. berat banget rasanya waktu itu.
  • buat gue pribadi, sabtu itu harus jadi hari keluarga. tapi, tiap kepala di rumah pasti punya rencana sendiri-sendiri. papi yang keseringan lembur hari sabtu dan baru pulang sore banget. mama yang kadang ada acara sama temen-temen SMA nya, iya yang sekolah, dan terkadang gue lebih milih buat jalan sama temen-temen. padahal dalam hati pengen banget tiap sabtu ada acara refreshing keluarga.
  • waktu gue masih kelas 2 SD, mama sama papi selalu pulang waktu istirahat siang. walaupun cuma setengah jam, tapi suasana nya hangat banget. makan bareng di meja makan, mama yang nyeritain kesibukan kantor, begitu juga papi. dan gue ga ketinggalan nyeritain kegiatan di sekolah. dan si iya kecil sibuk latihan merangkak. tapi sekarang mama sama papi udah ga pernah pulang siang lagi. mungkin karna faktor ga ada orang di rumah dan hemat.
  • ga nyalahin kesibukan orang tua aja, gue juga nyalahin diri sendiri. sibuk seharian dengan kegiatan akademis, malamnya gue lebih suka di kamar. entah itu bikin tugas, duduk di depan laptop. jarang banget yang namanya nonton tv sekarang. selain udah sering kecapean, acara tv juga ga ada yang menarik. dan terkadang kalo gue di ruang tv, gue cuma diem, duduk. ga sering ada percakapan hangat sama papi. kita berdua emang sama-sama punya karakter lebih banyak diam.
  • duduk bareng di meja makan udah jarang banget. gue lebih suka makan di depan tv. selesai makan lanjut masuk kamar. mama lebih suka makan di meja makan. papi di sofa yang jauh dari tv, sedangkan adek gue di kamar. kadang iri ngeliat temen yang keluarga komplitnya makan bareng di meja sambil cerita-cerita.
  • sejak oma-opa udah ga ada, makin jaranglah ada hari keluarga. maksudnya, keluar rumah berempat. yang ada keseringan di rumah. sibuk dengan kegiatan masing-masing. ga jarang juga, sabtu-minggu stay di rumah soalnya papi sama mama kecapekan ngantor senin-jumat.
flashback, semuanya terlihat lebih enak waktu gue SD. lebih hangat dan akrab. tapi gue juga ngerti kalo ini dampak dari sudah dianggap dewasanya seorang anak yang sudah harus bertanggung jawab, terutama untuk dirinya sendiri. dan ini dampak semakin tua nya usia orang tua yang makin lama makin lemah kondisi nya. satu lagi karena perkembangan zaman. tapi musti tetep bersyukur kalau keluarga kecil ini masih lengkap, utuh, dan masih hangat. 

alhamdulillah.. :)

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection